Balajar Matimatika
Oleh
: Marny Rustina
Tokoh-tokoh: 1. Ririn : anak
perempuan kelas 2 SD
2.
Tami : anak perempuan kelas 5 SD, kakak
Ririn
3.
Any : wanita sekitar 35 tahun, saudara
sepupu Ririn dan Tami
4.
Julak : wanita berusia sekitar 57
tahun, ibunya Any
Properti panggung:
1.
Televisi
+ remote
2.
Meja
belajar
3.
Seperangkat
sofa
4.
Buku-buku
dan alat tulis
5.
Karpet
6.
Piring
berisi kue basah
Setting
: Suatu sore di sebuah ruang keluarga,
Ririn duduk lesehan di atas kapet di lantai. Di depannya terdapat buku
Matematika dan buku tulis. Tangan kanannya memegang sebuah pensil. Tami duduk
di kursi belajar di sudut kanan ruangan sedang tekun mengerjakan PR, sesekali
menggigit ujung pulpennya.
(Kemudian Any masuk, mendekati
Tami)
Any : (tangan basah digosok-gosokkan ke baju
daster) “ Lagi manggawi apa ikam, Mi?”
Tami :(Menggaruk kepala) Tugas IPA ka’ai”.
Any : “ Kaya apa tadih, kawa haja lah
manjawapi sualnya?” (memperhatikan lembar-lembar jawaban, menelitinya dengan
jari)
Tami : (tersenyum) “Kawa haja”
(Any menengok Ririn, kemudian
beringsut mendekatinya, dan duduk di depan Ririn)
Any :” Ikam pang manggawi apa?”
Ririn :” Matimatika!”
Any :” Malihat pang gawian ikam!”
(Ririn menyerahkan bukunya, sambil
menggeliat)
Any : “ Numur satu bujur….. numur dua bujur
……. Numur tiga… nah balum bujur Rin’ai. Ayu kita hitung pulang….”(menyerahkan
buku tulis kembali kepada Ririn)
“ dua ratus lima puluh di kurang saratus lima
balas. Barapa.”
(Ririn mencoret-coret kertas
hitung).”
Any : “ Nul kurang lima tu, nul nya kita
tambahi lawan puluhan di subalahnya,
jadi barapa?”
(Ririn mengernyitkan dahi), “ Kada
tahu!”
Any :” Ini nah, lima dihiga nul ini amun
dibaca lima puluh kalu. Amun nul haja dikurangi lima kada kawa, jadi nang lima
puluh kita ambil sapuluh dahulu. Sapuluh dikurang lima barapa?”
Ririn :” Lima” (mengangkat tangan kirinya,
dengan melebarkan jari-jarinya)”
Any “ Bujur. Lalu nang lima puluh tadi sudah
kita kurangi sapuluh, jadi tinggal barapa?”
Ririn :(terdiam sejenak) “ ampat puluh.”
Any :” Pintar!”( Tiba-tiba berdiri)” Hadang
dahulu, banyu jaranganku manggurak.” ( keluar ruangan)
Julak
masuk, membawa sebuah piring berisi kue basah.
Julak :” Ni ambil Rin wadai sabuting.”
(mendekatkan piring kepada Ririn. Ririn mengambil sepotong kue dan memakannya)
Julak : “ Nah Mi, ambil.” (menyodorkan piring
kepada Tami. Tami mengambil sepotong dan memakannya.”
Julak
duduk di sofa menghadap televisi yang tidak dihidupkan)
Tami : (berdiri dari kursinya, melangkah
sambil menggeliat-geliat mendekati Julak, lalu duduk di sampingnya).” Julak,
tvnya ulun hidupi lah!”
Julak :” Tuntung lah sudah PR ikam!”
Tami :” Sudah Julak’ai.”
Julak :” Ayuja, tapi bagigimit haja suaranya.
Ririn balum tuntung pinanya. Iya lah Rin?” ( Melihat kea rah Ririn).
Tami mengambil remote TV di atas sofa, kembali duduk di
samping Julak. Memencet-mencet tombol remote
Ririn memandang Julak sambil mengangguk-anggukkan kepalanya,
kemudian melanjutkan hitungannya.
Any masuk menghampiri Ririn
Any : “
Sudah tuntung lah Rin?” ( menarik buku tulis. Kemudian
mengangguk-anggukkan kepala). “ Nah Pas sudah. Soal nang lain sudah bujur jua
jawabannya.” (menyerahkan buku tulis kembali kepada Ririn)
Ririn
menutup buku dan memasukkannya ke dalam tas.
Any :” Tadi pang ikam belajar apa Rin?”
Ririn :” Matimatika tadi belajar gambar sagi
ampat, parsagi panjang, sagi tiga, lawan lingkaran.” (bersemangat).
Any : (Menyerahkan selembar kertas kosong).”
Nah, gambarakan, sagi ampat nang kaya apa?”
Ririn
mengambil penggaris di meja belajar kemudian kembali duduk di lantai, mulai
menggambar. Beberapa waktu kemudian dia serahkan kertas kepada Any.
Any : “ Iyaaaa. Pas…, gambarakan lingkaran
pulang.”
Ririn
bingung
Tami :” Pakai duit Rin’ai!” (mengambilkan uang
logam di kantongnya dan melemparkannya kepada Ririn) “ Tanggap!”
Julak : “ Hati-hati”
Ririn : “ haaaa!”( menangkap uang logam yang
dilemparkan)
(
Menggambar lingkaran dengan menggunakan uang logam)
Any :” Bujur kaya itu. Bulih haja pakai
duit, atawa pakai tutup botol, pakai cangkir.” Naaaaah, pahabisan nah.
Gambarakan segi tiga sama kaki.”
(Ririn
agak membungkukkan badannya sambil menggambar menggunakan penggaris. Kemudian mencoret-coret sesuatu, tangan kirinya menutupi coretan yang sedang
dibuat. Lalu gambar diserahkannya lagi kepada Any)
Any : ( mengamati gambar sambil bingung) “
Ini bujur segi tiga, tapi ini segi tiga sama sisi. Nang di subalahnya ini
gambar apa Rin?”
Ririn : (sambil tersenyum).” Gambar batis
Ka’ai. Pian tadi manuruh manggambar sagi tiga lawan batis kalu?”
Any,
Tami, Julak : “ hahahahaha…..
Julak : “ Ikam jua Any ai. Urang hanyar balajar
sagi tiga, balum balajar nang sama kaki lawan sama sisi.”
Tami :Umay Ririn….Ririn…..
Julak : “ Bau apa nih?” (mengendus-endus)
Tami,
Ririn, Any mengendus-endus
(Any
bergegas ke luar sambil setengah berteriak )
Any : “ Sangaan iwak uluuuuuuuun.”
Tami :” bisa makan kada baiwak kita malam
ini.”
Ririn :” hehehe…..” (menggaruk kepala)
Tami
dan Ririn mengikuti ke luar
Julak
mematikan TV, kemudian keluar.
********